Kamis, 26 Maret 2015

Assalamualaikum Wr.Wb
 
Ketika tekanan udara dalam dada ini
masih tetap lebih negatif daripada tekanan di atmosfir
Ketika diafragma masih tidak enggan
untuk terus kontraksi dan relaksasi
Ketika Medulla Oblongata masih setia
berspontan-ria bersama inspirasi dan ekspirasi
Bahkan surfaktan pun masih tak izinkan
ateletaksis terjadi

Bukankah seketika itu oksigen masih mengalir merasuki paru?
Lalu ada apa dengan semangatmu?
Bukankah karbondioksida masih berdifusi keluar tanpa energi?
Lalu mengapa kau simpan bebanmu?

Bangunlah! Bahkan ventrikel-ventrikel ini
masih bersemangat memompa darah kita.
Tersenyumlah! Sudah sepatutnya kita bersyuku?
ini bukan keadaan dimana kita perlu nasal kanule

Walau terkadang, rasa sesak juga datang
Meski bukan karena bronchospasms
Bukan juga efusi pleura
Ia mungkin datang,
Saat harapan tak sejalan dengan kenyataan

Tapi apa vena akan menyerah pada gravitasi?
Apa carina akan mengatakan pada silia untuk menyerah?
Hei!Apa perlu kita lakukan Chest Fisiotherapy?

Hanya sebuah coretan yang terinspirasi dari istilah di blok COB



 Wassalamualaikum Wr.Wb

Senin, 23 Maret 2015

Assalamualaikum Wr.Wb.

"Siapa saja yang meringankan beban seorang Mukmin di dunia, Allah pasti akan meringankan bebannya pada Hari Kiamat. Siapa saja yang memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan, Allah pasti akan memberi dia kemudahan di dunia dan akhirat. Siapa saja yang menutupi aib seorang Muslim di dunia, Allah pasti akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah SWT selalu menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya." (HR Muslim dan At-Tirmidizi)

 :)


Wassalamualaikum Wr.Wb
Assalamualaikum Wr.Wb


Bukankah telah engkau sadari
Bahwa jodoh rahasia ilahi
Tak seorang pun bisa mengganti
Ia sudah tertulis disisi ilahi


Jangan sampai engkau banyak menunggu
Hingga habiskan semua waktu
Terlupakan mencari ilmu
Terlewat sudah semua berlalu

Berharap memang boleh saja
Tapi jangan abaikan semuanya
Saking sibuk minta jodoh
Lupa perbaiki diri didepan Allah

Yang penting sekarang perbaiki diri
Tambah baik dalam menata hati
Yang penting sekarang mencari ilmu
Buat bekal rumah tangga kecilmu

Jangan sampai engkau sibuk menanti
Hingga hal-hal baik terlewati
Jangan sampai engkau fokus menunggu
Kewajiban diri menjadi terganggu

Serahkan semua urusan padaNya
Hingga jika sudah tiba waktunya
Engkau akan menemukannya
Atau dia yang menemukanmu

Repost dari Kartun Muslimah

 Wassalamualaikum Wr.Wb

Sabtu, 21 Maret 2015

Assalamualaikum Wr.Wb.
Aku memposting ini bukan berarti aku mendukung plagiarisme ya. Melainkan berbagi pengetahuan saja mengenai gangguan asam basa :). Selamat membaca semoga membantu. komen aja kalo ada pertanyaan :D InsyaAllah aku jawab

Marchelina Susanto
G1D013057


Derajat keasaman merupakan suatu sifat kimia yang penting dari darah dan cairan tubuh lainnya. Satuan derajat keasaman adalah pH, yang dipengaruhi oleh jumlah ion H+. Derajat keasaman penting dipertahankan untuk mencegah rusaknya enzim- enzim serta hormon dalam tubuh. Oleh karena itu pengaturan H+ ini sangatlah penting. Dalam keadaan normal, pH di tubuh relatif dipertahankan dalam keadaan netral yaitu 7.4, oleh 3 mekanisme, yaitu sistem buffer, ginjal dan pernapasan. Mekanisme yang akan menjadi fokus pada esai ini adalah mekanisme pernapasan.

1.      Asidosis
Asidosis merupakan keadaan pH darah arteri dibawah 7,4 atau asam. Terdapat dua jenis asidosis, yaitu asidosis respiratorik dan asidosis metabolik.
a.       Asidosis respiratorik
Asidosis respiratorik terjadi karena tubuh mengalami hipoventilasi (Price and Wilson, 2005). Hal ini berarti asidosis terjadi jika frekuensi pernapasan turun atau pola pernapasan terganggu. Misalnya pada penggunaan obat narkotik yang berlebih, hambatan pada pusat pernapasan di medulla oblongata, atau gangguan pada saluran napas seperti penyakit obstruktif paru kronik ataupun gangguan lainnya seperti pneumonia. Artinya, asidosis respiratorik ini disebabkan oleh gangguan pernapasan. Jalan napas yang terganggu atau frekuensi yang menurun menyebabkan menumpuknya CO2 dalam darah. Meningkatnya jumlah CO2 inilah yang menyebabkan asam. Kenapa? Karena secara tidak langsung CO2 merupakan penghasil H+ (asam). Dapat kita lihat pada persamaan berikut:

 CO2 + H2O      H2CO3       H+ + HCO3-

Oleh karenanya, sistem pernapasan yang seharusnya dapat membantu mengkompensasi jika terjadi perubahan pH, malah menjadi penyebab perubahan pH pada asidosis respiratorik ini. Sehingga, sistem pernapasan tidak dapat mengkompensasi asidosis yang terjadi, kompensasi asidosis respiratorik ini akan lebih banyak diperankan oleh ginjal dan sistem buffer.

b.      Asidosis Metabolik
Asidosis metabolik merupakan keadaan asam yang disebabkan oleh kelainan atau gangguan metabolisme. Misalnya kehilangan HCO3- melalui diare atau melalui ekskresi ginjal. Contoh lain adalah penambahan asam melalui asidosis laktat dan ketogenesis. Hal ini menyebabkan jumlah H+ melebihi jumlah HCO3-  baik melalui penurunan kadar HCO3- atau pun produksi H+ berlebih sehingga pH menjadi asam.
Artinya, asidosis metabolik bukan disebabkan oleh gangguan respirasi, sehingga kompensasi melalui sistem respirasi merupakan kompensasi paling primer yang terjadi dalam tubuh. Ketika H+ meningkat, konsentrasi CO2 juga akan meningkat mengingat reaksi:

CO2 + H2O      H2CO3      H+ + HCO3-
Sistem respirasi akan mendeteksi peningkatan kadar CO2 dan mengatur ventilasi menjadi lebih dalam dan cepat (hiperventilasi) supaya lebih banyak CO2 yang dikeluarkan. Kompensasi lain terjadi melalui ginjal, yang dengan menambahkan bikarbonat baru ke dalam cairan ekstrasel, membantu memperkecil penurunan awal konsentrasi HCO3- ekstrasel, serta meningkatakan ekskresi ion H+ untuk mengurangi kadar ion H+ di CES.


2.      Alkalosis
Alkalosis adalah keadaan dimana pH darah arteri diatas 7.4 atau basa. Alkalosis ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Alkalosis respiratorik dan alkalosis metablolik.
a.       Alkalosis respiratorik
Alkalosis respiratorik merupakan kebalikan asidosis respiratorik. Penyebabnya karena tubuh mengalami hiperventilasi atau ekskresi CO2 yang berlebihan pada udara ekspirasi. Penyebab tersering adalah hiperventilasi fungsional karena kecemasan atau stress, atau dipicu keadaan demam (Sheerwood, 2012). Dikarenakan organ tubuh kekurangan O2 maka secara fisiologis tubuh akan berusaha mengembalikannya ke keadaan homeostasis dengan cara meningkatkan ventilasi untuk memenuhi kebutuhan O2, namun hal ini menyebabkan pengeluaran CO2 menjadi berlebihan dan menyebabkan pH naik..
Mekanisme kompensasi utama pada penurunan CO2 ini dalah sistem buffer. Seperti yang telah dijelaskan, ketika sistem respirasi menjadi penyebab terjadinya gangguan asam-basa, sistem respirasi tidak berperan dalam kompensasinya.
b.      Alkalosis metabolik
Alkalosis metabolik merupakan kebalikan dari asidosis metabolik. Penyebabnya adalah selain dari kelainan pernapasan. Misalnya muntah atau penyedotan nasogastrik yang berkepanjangan. Pengeluaran berlebih HCL dari tubuh inilah yang menyebabkan pH darah menjadi naik.
Peningkatan pH dengan ditandai menurunnya CO2, di tangkap oleh kemoreseptor dalam badan karotis, yang membangkitkan refleks untuk menekan ventilasi. Kompensasi buffer merupakan kompensasi primer pada gangguan ini.


Daftar Pustaka
Price and Wilson. (2005). Patofisiologi. Jakarta: EGC.
Sherwood, L. (2012). Fisiologi Manusia. Jakarta: EGC




 Wassalamualaikum Wr.Wb

Jumat, 20 Maret 2015

Assalamualaikum Wr.Wb
Dan
Pas balik ke kamar…
Kyaaaaaaa~
Aku kageet :D
Udah ada tiara dan ulfa dan upeeh (nama aslinya sih ulfa juga, tapi biar ga keliru gitu) ^3^ 
Tiara sedang memegangi kue yang lilinnya nyala, eh tunggu, apa itu kue? tapi kok warna pink? Ah bukan, ternyata itu menara buaah! Yaampun :')
terdiri dari semangka yang berbentuk kue tingkat dua, seumur-umur baru ngerasain kaya gini. Ya Allah seneng banget. Hiasannya ada  sunkist, melon, buah naga, alpukat, dan strawberry. Semuanya aku suka ^^ (sebenernya, gaada buah yang aku ga suka siih)





Mereka tau banget aku suka sama buaah (dari pada kue tart atau blackforrest)
Yaampuunn makasih banyak yah temen-temen. Ga lama kamudian datanglah temenku satu lagi, nila namanyaa ^_^
Aku solat isya dengan perasaan berbunga-bunga.
Habis solat, barulah sesi foto-foto ini dimulai, biar cepet, pake mukena aja dari pada kelamaan nunggu aku memasang jilbab. 








Ya Allah engkau kirimkan teman-teman yang begitu baik ini, terimakasih ^_^
So sweet yah merekaa.. pasti susah banget bikin menara buahnyaa.. sukaaaaaa  <3>
tiba-tiba lagi, tiara ngeluarin sesuatu yang  apik sekali, di balut kertas berwarna pink, rapi dan bagus.
Kado.
Padahal dikasih surprise dan menara buah kaya gini aja menurutku udah jadi kado yang indah sekali.  aku sudah senang sekali.
makasih ya tiaraaaa.

Trims ya!



Subhanallaah, setelah aku buka, isinya yang aku butuhin banget: novel berbahasa inggris (aku memang sangat menginginkannya) dan buku anatomi fisiologi ( karena aku mahasiswa kesehatan, tentulah aku butuh :D). Makasih tiara dan temen-temen lainnya, semoga Allah membalas kebaikan kalian.. :*
 
Yang satunya aku butuhin, satu laginya aku penginin


Jazakallah khairan katsiran semuanyaa ^_^
Wa fiika barakallah..
Traktirannya nyusul yaah.. :*

Dan….
Ketika tadi aku bilang hari itu aku lalui biasa saja,
 aku salah besar… iya kan? :D ^,^

 Wassalamualaikum Wr.Wb
Assalamualaikum Wr.Wb

Kemarin lusa itu aku jalani seperti biasanya, tanpa sesuatu yang begitu spesial. Yah aku pikir sih begitu, kecuali ada secuil kebahagiaan saat ikut paduan suara angkat sumpah ners unsoed 2015. Saat itu aku melihat, betapa bangganya mereka, yang telah lulus profesi dan orang tuanya, betapa bahagianya mereka telah benar-benar selesai studi dan akan melanjutkan bekerja ( setelah lulus uji kompetensi lagi). Aku terharu, ketika mereka mempersembahkan lagu cinta untuk mama (kalo ga salah). Lagu nya bagus. :)


sungguh bangga melihat mereka, pikiranku pun melayang. Akankah aku bisa seperti mereka kelak? semoga iya, aku berharap bisa. Aku berharap bisa membuat kedua orang tuaku dan keluargaku bangga. aku berharap air mata yang mereka teteskan kelak itu adalah air mata bahagia. Aamiin. Semangaaat!

Setelah menyanyikan beberapa lagu protokol dan satu lagu persembahan. Ada sesi foto-foto narsis kenangan.
Cie ciee..

Oh ya, tentu saja setelah selesai acaranya ada acara ramah-tamah. Yang, yah, kalian tau lah, bagian favorit aku  xD
Betapa tidak, makanannya bergizi sekali, prasmanan lagi. Aku dan teman-teman histeris (ngga kok, boong) liat udang tepung, ayam, daging, capcay, dan sop nya. Ada favorit aku juga, buah. Dan tentu saja, aku langsung mengambil bagian dan ambil paling duluan. 
Alhamdulillah ya Allah. Kata kakakku, ini kado dari Allah. Aku bahagia banget.
Yang mau liat penampakkannya, monggoo ^^
Full of nutrition free lunch! Favorite ^_^
Kadang aku mikir, ‘apa aku harusnya bawa plastik juga yah?’ (yaampuun maruk bangeet -,- becanda ding gue) #abaikan

Makasih untuk semuanya ya Allah.^^

oh iya, yang ini bikin aku melayang. Setelah aku mengambil makan siang, ada seseorang yang memanggilku dan bilang 'hey! selamat ulang tahun yah!' (aku lupa tepatnya ia bilang 'selamat ulang tahun' atau 'happy birthday') yang jelas, kata-kata itu bikin aku entah kenapa seneng banget ^^ 
satu-satunya dosen yang ngucapin soalnya :D 
(sadarlah cheli, dia itu dosen :3) 
#abaikanlagi

***

Pulang dari sana setelah membersihkan diri, aku hanya main harvestmoon dan mencoba membalas kiriman di fb. Tapi, lola banget T.T kan jadinya males, kayanya paketnya mau abis ToT.
Sedikit bete sih. Mana di kosan sendirian maning. Ya sudah lah apa boleh buat, maen game lagi aja. Untuk hari itu udah gaada kuliah lagi. Jadinya ga punya agenda lain. Apa tidur aja ya? hmm, No no no. Jangan deh. Udah ashar.

Eh, tiba-tiba ulfa dateng nyariin tiara (kenapa bukan nyariin aku aja ya?). Tapi, tiaranya belum pulang, jadinya kami ngobrol-ngobrol dulu deeh. Nah, selepas tiara pulang dan solat, mereka pergi. Ya. Pergi meninggalkanku begitu saja. Yayaya deh, daah aku mah apa atuh T.T
Lanjut maen aja lagiiii.
Ah bosen.
Makan aja deh. Jadi lah aku keluar rumah buat makan.
Sambil makan aku nonton film di laptop. 
tuptuptuptuptuptup *skip smpe isya, lupa kemarin ngapain aja*
Akhirnya sudah isya. Aku pun mengambil wudu di belakang.
Pas balik ke kamar…
*to be continued*
 


Wassalamualaikum Wr.Wb
Assalamualaikum Wr.Wb.
Bismillah..
Dengan Menyebut Nama Allah Yang Jiwaku ada dalam genggaman-Nya.

 

Alhamdulillah ya Allah engkau masih memberikan kesempatan hidup sampai umur saat ini. Terimakasih untuk semua pengalaman yang telah engkau izinkan aku mengalaminya ya Allah. aku bersykur sekali. Terimakasih, Alhamdulillah. Ya Allah, aku mohon jangan engkau biarkan aku condong pada kesesatan setelah engkau berikan aku petunjuk. Aku mencintaimu. Allah

Tidak terasa, umurku sudah 19 tahun. Aku berdoa untuk kebahagiaan orang-orang di sekelilingku, orang tuaku, kakakku, adikku, keluargaku, sahabatku, teman-temanku, dosenku, dan semua orang yang mengenalku. Aku berdoa agar apa yang mereka ingin kan tercapai, agar mereka selalu dalam lindungan Allah, selalu mendapat petunjuk-Nya. Aku berdoa supaya hadirku di manapun itu akan membawa kebahagiaan bagi siapa saja. Aku berdoa semoga aku dapat semaksimal mungkin bermanfaat untuk sesama. Aku berdoa, jadi apapun aku kelak, semoga menjadi seorang yang professional. Aamiin ya Allah


Teruntuk Orang tua-ku, terimakasih telah bersedia mendidik ku hingga dewasa. Sekarang aku sudah bukan anak kecil lagi, yang akan menangis ketika tidak ikut bermain mandi bola dengan yang lain, aku bukan bocah yang dulu menumpahkan minuman untuk dimainkan. Aku sudah bertambah tua, dan aku harap, aku juga bertambah dewasa. Karena aku tahu, bertambahnya umur belum tentu menambah kedewasaan seseorang. Seperti pepatah 'Umur tidak menunjukkan kedewasaan seseorang'. Ya, oleh karena itu, walau umurku bertambah, aku tetap butuh pendapatmu, tetap butuh nasihatmu. Maafkan aku yang sampai setua ini masih saja merepotkanmu. Tapi percayalah wahai ibu bapakku. Aku mencintai kalian sepanjang waktu, aku merindu kalian setiap hari. Aku mendoakanmu, semoga engkau sehat selalu dan  bisa kubahagiakan dengan kesuksesanku kelak, semoga Allah selalu melindungi kalian. cinta. ya. aku mencintaimu. :)

untuk kakak-kakakku, maafkan aku yang telah menyusahkanmu. Sungguh, jikalau aku mampu, aku ingin sekali tidak membebankanmu. aku ingin sekali membantu kita. sekarang yang bisa aku lakukan adalah, berusaha sekuat tenaga dan berjuang menjadi yang terbaik yang aku bisa. terimakasih untuk semuanya. semoga Allah selalu melindungi kalian, dan semoga Allah membalas kebaikan kalian berlipat ganda. Aamiin

over all, terimakasih untuk semua yang hadir di hidupku selama ini, keluarga, sahabat, teman-teman, guru, dosen, dan semuanya. terimakasih membantuku dan mendampingiku beranjak dewasa. Terimakasih untuk segala doa yang kalian panjatkan untukku. sekali lagi, terima kasih.

Jazakallah khairan katsiran.


 Wassalamualaikum Wr.Wb

Jumat, 13 Maret 2015

Assalamualaikum Wr.Wb.,

Aaah lupa mau ceritaaaa >,<

Besok (karena ini udah hari Jumat) hari Sabtu 14 Maret 2015, ada seleksi debat bahasa Inggris buat ngewakilin fakultas aku.

I realized that my english is not so good (not like one of my bestfriend). But, i just want to try, want to have more experience in life, yeea although i had already joined a debate competition (about a year ago) among faculty in my univesity (but didn't win).
i hope, i can join the debate team so i will be being coached to improve my debate ability. Aaa i want to speak english well. Have to practice more often. Wish me luck! ^_^

 Wassalamualaikum Wr.Wb
Assalamualaikum Wr.Wb.,

Selamat malam,
huaaah apa ini sudah pagi yaah? hihi
yaampun jam 2 yaa, maklumlah kan ceritanya anak rajin. jadi abis ngerjain laporan nih.
(dan dodol banget bukannya langsung tidur, malah nulis di blog -,-)

yaa begitulah~ kadang kebodohan dalam hidup itu muncul tanpa bisa dihindari dan walaupun aku sadar, tapi tetep aja lanjut nulis. By the way, ni sepi beud deh kosan. T.T udah pada tidur kabeh. Dan jadilah daku merana ditemani sunyi (heleh lebay) :3

ngomong-ngomong, kemarin aku kan cerita yah, tentang main harvestmoon. Nah, aku abis menang festival ayam. hihihi
pokoknya itu, pilih hati ayam yang paling banyak, terus sebelum tanding di save dulu aja, nah jadi kalo kalah bisa ulang lagi sampe menang (curang ga sih?)
daaaan kalo menang ntar ayamnya jadi bertelur emas deh! hahaha..
yaampuun parah parah..
Udah mahasiswa masih main ginian, yang dibahas ginian, yang dipikirin ginian, asli parah

yaah, semoga ga ngeganggu kuliah lah yaah.. Semangaat!


yeye menang festival ayaam! ^_^
Oh ya, waktu itu juga ikut festival memasak, tapi kalah :(
(ya iyalah, gimana mo menang orang bawa telur rebus doang) apalah daya, alat-alat masak belum ada, jadi pake apa yang ada dulu aja, pake prinsip ala kadarnya~.  Tapi ternyata ga menang -,- (ya iyalah)
Jurinya pun paham, aku memang orang yang apa adanya banget (gagal fokus. Woy! masakannya woy!)
ini nih penampakannyaaa, hihi
Apa adanya bangeeeettt T.T
Padahal udah ikutin tips. Katanya kalo mau ikut lomba masak kita jangan ngajak ngobrol siapa-siapa dulu. Jadi langsung ngomong ke Mayor Thomas gitu, jadi kita bisa menang. Soalnya kalo kita ngajak ngobrol yang lain, orang yang pertama kita ajak ngobrol itu lah yang menang. Katanya sih gitu. yaah tapi aku belum menang tuh. eh kalo kita ngajak ngobrolnya orang yang ga ikut lomba gimana yaaah? nah nah.. wkwk yaudah lah yaa, ikut aja tahun depan lagiii..

aah udah aah. Cheli mau bobo dulu, besok kuliah :")

Daa~

 Wassalamualaikum Wr.Wb

Mereka pada kemana ya, malam?


Kira-kira mereka sedang apa ya, sunyi?

ah, aku penasaran
bisa-bisanya mereka menghilang begitu saja bak ditelan bumi.

tanpa angin
tanpa hujan

hei. wahai diriku yang bodoh
mereka pastilah sibuk, ya kan?
banyak hal yang jauh lebih penting daripada menampakkan diri di media sosial

haha, cuma kau saja yang terlalu sinting
menyempatkan diri diantara tumpukan laporan dan esay
diantara ujian dan praktikum

mencari petunjuk
apakah mereka baik-baik saja

ah sudahlah.

aku yang cukup palsu disini
merindukan bahkan hanya celotehan tentang nilai rupiah
yang dulu kita perdebatkan

mana punya aku keberanian untuk merindukan nyanyian kita?
yang dulu membahana di setiap jam kosong

karena sekarang
aku hanyalah seorang aku..

sedang seorang diri
ditemani gelap
dan
kata-kata rindu
yang tak tersampaikan...

Aku merindukan kalian...Semoga kalian baik-baik saja...


Minggu, 08 Maret 2015

Assalamualaikum Wr.Wb.,

Pagi-pagi udah galau aja, Mas! Neng!
yang semangat dong, jawab salam dakuu!
sekali lagi yah

Assalamualaikum! ^_^
nah gitu dong di jawab.. sayang kalian! :)

hihi mau cerita aah (sebelum offline dan belajar buat ujian besok). Jadiii, dari kemarin aku lagi bernostalgia sama Harvest Moon Back to Nature Indonesia. Itu looh game playstation 1, udah lama banget emang, makannya aku bilang kan bernostalgia :D
yaah mungkin sekitaran kelas 5 atau 6 SD lah ya aku mainnya. Inget banget dulu kalo bulan Ramadhan abis sahur ga mau tidur laginya karena mainin HMBTN ini. Inget banget dulu frustasi karena mau nabungnya lama banget dan akhirnya sepupu kenalin aku sama cheat di game shark, juga, inget banget pas minta kopian HMBTN punya Sonya, sahabat aku pas SD ^_^ , yang udah sampe tahun ke-5. makasih Sonyaaa~.
 hihi masa kecil yang bahagia gak kayak pas gede.
Naah udah lama juga aku download psx buat lappy, mainin game jaman ps 1 dulu, mancing lah, bishi bashi lah, balap lah, pepsi lah, twister lah, juga HMBTN ini, paling yang ngga cuma winning eleven karena emang ga suka :3

nah baru-baru ini aku nemu page di fb, isi nya tentang HMBTN ini, tapi banyakan hoax nya :D, alias yang sebenernya ga ada di sana. hihi tapi salut banget sama yang bikin, soalnya kan mesti kreatif. eh bukan berarti aku suka orang indonesia mbajak atau gimana. ini kan lain, maksud aku tuh kreatifnya loh, ngedit-ngedit, dan yang paling keren itu mereka bikin cerita sendiri. dan bagus pula ^_^

hihi ternyata adminnya malah baru mau UAN, ckck. berarti paling SMA ya? nah dia yang SMA aja bisa bikin karya kaya gitu. Nah aku yang kuliah bisanya apa? -,- cuma laper doang yang bisa.*jleb*

jadilah daku mainin lagi HMBTN yang terbengkalai di lappy, haha dan parahnya besok mau ujian dan aku belum bisa menghilangkan game ini dari pikiran -,-
ya Allah tolong.
hihi. yaudah ah mau belajaaar! jangan suruh nulis lagi aaah! daaah~
jangan lupa pada sarapan yah~


buat yang mau tau page nya klik sini -> HOAX HMBTN INDONESIA
hati-hati dikerjain yah. hihi



Happy Sunday!

 Wassalamualaikum Wr.Wb
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts