Kamis, 26 Juni 2014

Assalamualaikum Wr.Wb.,

Hai sobat, sudah lama tak bersua, maklum ane kan sekarang anak kuliahan yang sibuk *ceileh*. Haha. Eh tapi bener loh, buktinya ada libur dikit ane pengen nya pulaaaang mulu. Abis mumet kuliahnya, jadinya kangen pelukkan bunda. Hoho. Nah, sekarang ane sudah bisa pulang sendiri tanpa harus nunggu ada mobil dirumah dan minta jemput. Haha. Itu semua karena ane sekarang udah biasa naik angkutan umum. *bangga* hehe. Lebih murah sih, tapi kadang nyampenya agak lama dan kalo lagi ketemu ga enaknya ada yag ngerokok. Ckck. Mari kita doakan bersama-sama sodara-sodara kita yang ngerokok supaya sadar dan berhenti dan mulai peduli pada kesehatannya dan juga lingkungannya yaa. Aamiin.
 Yasudah lah mari kita lupakan hal-hal yang tidak enak itu yaa. Sekarang ane mau cerita yang enak enaaaak. Nyamnyaaaam..
Jadi sob, akhir-akhir ini tiap ane pulang ke tegal dari purwokerto, ane selalu punya rencana buat masak sesuatu. Dan Alhamdulillah kesampean. ^_^. Hal itu dikarenakan sodara-sodara, ane rajin nontonin video masak memasak dari youtube dan mantengin resep-resep di blog tetangga. Aseekk :D
Oke ini eksperimen ane yang pertama.

Pizza Ala Kadarnya ^_^

Nah, masakan ini saya buat atas resep dari dapur umami hasil nonton dari youtube. monggo yang mau nontoon, klik here atau kalo mau liat resep asli yang lebih jelasnya di sini.

Kenapa ane bilang ala kadarnyaaa??

Abis nonton ini langsunglah ane berangan-angan bikin pizza dirumah, apalagi di videonya pakenya teflon. Pas banget kan? ane emang dirumah ribet pake oven. hehe sebenernya kasian mama, listrik bengkak.  Nah, pas dirumah, waktu itu hari minggu, dan abis zuhur waktunya ane pulang lagi ke purwokerto. Ane sempetin bikin nih pizza, biar kelakon. beli sosis dulu ke warung buat topingnya. hahaha bener bener dah. Keju yang ane gunakan adalah cheddar kraft biasa, karena itu yang ada di rumah. pokoknya ini bener-bener ala kadarnya banget. Tapi yang bikin asik adalah, toppingnya kita yang nentuin mau sebanyak apa, waah pua deh pokok nya.

mau tau gimana ane bikinnya? hihi yuu mari.

Bahan adonan
  • 250 g Terigu protein tinggi (ane pake terigu biasa yang setengah kilonya 3500)
  • 7 g Ragi instan
  • 125 ml Air es
  • 3 sdm Minyak goreng (ane pake margarin yang dicairkan)
  • 1/2 sdt Garam
  • 2  sdm Gula (resep aslinya 3 sdm)
  • 1/4  sdt penyedap rasa (resep asli 1/2 sdt)
Topping

     5 buah sosis      Saus extra pedas atau saus tomat sesuai selera (ane sih extra pedas doong)     Keju cheddar kraft sesuai selera.
     Daun oregano (ane pake yang kemasan udah kering itu loh)
     
Cara Membuat
  1. Sesuai petunjuk video, campur semua bahan kering (terigu, ragi, gula, minyak goreng, garam, dan penyedap rasa), aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis.
  3. Tutup dengan lap basah (waktu itu ane lapnya ga basah) diamkan selama 45 menit.
  4. Jikaadonan berhasil, adonan akan mengembang, selanjutnya pipihkan adonan sesuai teflon, tusuk-tusuk dengan garpu. Olesi dengan saus hingga rata, tambahkan keju, lalu sosis,  tambahkan keju lagi diatasnya dan taburkan daun oregano diatasnya.
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil, tutup teflon, tunggu hingga matang, daan sajikaaan.. ! ^_^
Taddddaaaaaa!!!




Yummy looh ! nah ane jujur yaa, waktu ane bikin ini, adonannya ga ngembang, ane ga tau yang salah apa. Kemungkinan besar mungkin raginya yang bermasalah, jangan-jangan udah mati gitu. Alhasil, pizza ane agak keras dan tebal. Kalo temen-temen mau tipis mungkin takarannya bisa dibagi 2 aja. dan jangan lupa raginya yang masih idup ya, fresh gitu. Oh iya adalagi, karena ane pakenya keju cheddar, jadinya yang lapisan bawah meleleh, tapi yang atas itu jadi keriiing, wkwkwk. liat deh pizza ane.
kurang cantik ya? ane emang kurang telaten hias-hiasan makanan gituu. tapi tetep enak loh *narsis* buktinya abis juga dimakan bareng mama dan adik-adik. hehe
Have fun cooking yaa! selamat mencoba! jangan lupa kalo temen nyoba kasih tau kesini yaa. Saran dan kritik sangat diharapkan! ^_^



 Wassalamualaikum Wr.Wb
Reaksi:

6 komentar:

  1. Hmmmm Yummy buat berbuka puasa Pizza-nya :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. itu ada tha, jadi lapisan pertama sebelum semua topingnya ^_^

      Hapus
  3. Aku nggak suka pizza, aku suka sayur bening chel :D hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, keren. Bagus dong, jadi lebih sehat malahan ^_^

      Hapus

mana saya akan tau jika anda sering ke blog saya, tetapi anda tidak meniggalkan komentar..?

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts