Minggu, 01 Februari 2015

Assalamualaikum!

Selamat pagi semuaa ^_^ !! Pada penasaran ga sih kenapa aku selalu nge-post tulisan tuh pas pagi-pagi buta kaya gini? (hihihi, pagi-pagi buta katanya -,- //dasar sipit). Yang jawab ‘ngga’ awas yaaa, jangan terusin bacanya kalo gituu :P.
Oke, teman-teman yang jawab iya, ini semua karena paket modem yang aku beli tuh paket midnightnya 11 GB, tapi siangnya 600 MB doang, dan akan ditambah 600 MB lagi kalo di area 3G. Naah, masalahnya, di desaku yang tercinta ini bukan area 3G. Jadiii baru dipake bentar aja udah abis deh tu yang siang. Sedihnyaaa..! L Nah, karena paket midnight ini tersedia sampe jam 9 pagi doang, jadilah daku bisa nge-post nya pagi-pagi giniiii… aaaaaaaaa help meee guys!

Hahaha, maap maap, jadi curhat deeh. Eh iya bagi tadi yang jawab ngga tapi masih nerusin baca sampe sini semoga kalo cewe tambah cantik dan kalo cowo tambah ganteng ^_^. Wkwk. Kalo yang jawab iya sih aku yakin udah pasti cantik atau ganteng yaa..
Udah ah nyerocosnya. Celi mau bagi-bagi pengalaman bikin pempek nih. Tau pempek kaan? Itu looh makanan khasnya Palembaang. Tempat yang dulu temenku Desri pernah lama tinggal disana, tempat dimana Rheta kuliah sekarang, dan kampungnya Resty (selain di Padang tentunya).  Tapi, perlu celi tegaskan disini, pempek yang resepnya akan celi bagi-bagikan ini, yang dibuat dengan kedua tanganku sendiri ini, tidak seenak yang mama-nya Resty bikin yah. Hehehe, mana bisa diriku menyaingi seorang professional J (kangen banget pempek bikinan mama Resty, Res kalo kamu baca tulisan ini, titip salam ke mama kamu yaah).
Naaaah, jangan pada ngiler gitu doong, belum diliatin fotonya niih. Jadi, yang mau aku bikin itu adalah Pempek Dos! Bukan dor loh ya! Pempek dos itu adalah pempek yang bikinnya ngga pake ikan temen-temen ku yang kereen. Tapi percaya padaku kawan, ini tetep gurih! ^_^

Udah lama banget aku liat resepnya disini, tapi baru sekarang kesampean bikinnya. Itu pun didorong oleh adik perempuanku yang terus saja merengek minta dibikinkan pempek, dan juga mamaku yang terus bilang supaya sisa tepung didapur dimanfaatkan. Begitu guys, hihi. Setelah berhari-hari, ketika adikku sudah cape merengek, barulah aku bergerak membeli tepung terigu, karena yang ada di rumah tepung itu cuma kanji sekitar 600 gram-an lah. Sedangkan yang dibutuhkan juga ada tepung terigu. Ya udahlah yaa, yuk masak ^_^
Diadaptasi dari Justtryandtaste  aku bikin dua kali lipatnya ^_^, jangan heran yah, kan  makannya banyak Keluarga besar. hihi

Pempek Dos
Bahan:
500 ml air
3 sdt kaldu ayam bubuk (aku sih pake kaldu sapi. Lah, adanya itu kok J)
4 sdt garam
250gr tepung terigu (aku pake yang setengah kilonya Rp3500)
400gr tepung kanji
4 butir telur
ISI
1 buah butir telur (edisi menghemat, sesuai selera ajah ya)

Cara Membuat
      1.    Rebus air yang di campur garam dan kaldu bubuk, didihkan hingga garem dan kaldunya larut. (ini bukan minyak loh yaa)



  2.       Kecilin apinya, tuang sedikit demi sedikit tepung terigunya, sambil diaduk pake tangan dominan (kalo aku kanan). Nah diaduk terus ya, jangan ditinggal soalnya kata mba yang bikin resep, akan mudah gosong dan menjadi keras, jadi harus cepat dan terus diaduk sampe matang dan kalis.
              

     3.     Diemin dulu sampai nggak panas banget, hangat aja. Kenapa? Soalnya kita akan menguleninya dengan tangan, kalo panas kan repot. Lagian, nanti mau ditambahin telur, kalo masih panas ntar telurnya malah mateng lagi. (kalo di resep asliinya sih pake food processor, berhubung aku males nyucinya, jadi pake tangan aja). Nah, jadi, sesudah hilang panasnya, tambahkan telur satu persatu sambil diuleni hingga tercampur rata.
                                                                

    4.   Lalu, tambahkan tepung kanji nya sedikit demi sedikit, uleni sampaaaaaai kalis. (bagian ulen-menguleni ini bikin pegel guys, jadi siapkan dirimu, Berjuanglah!)


   5.  Bentuklah pempek sesuai keinginan, aku ngga akan ngebatasin bentuk pempeknya (kikikikz, kaya guru TK aja deh). Mau diisi telur kek, mau di bikin bintang-bulan-matahari kaya yang aku bikin kek, mau dibikin lenjer kek, Terserah pokoknya. Keluarkan kreatifitasmu, masak kan juga butuh kreatifitas, tul? Hoho. Sekedar tips untuk bikin yang isi telur dari empu-nya resep
“Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.”

 


   6.    Rebus air hingga mendidih, masukkan pempek yang telah dibentuk. Rebus sampai matang, ingat, pempek yang mengapung belum tentu dalemnya sudah matang, jadi pastikan sampai matang ya.
 


     7.      Setelah itu, goreng deeh!



    8.    Naah, setelah matang, taruh di piring, atau mangkok, makan pakai kuah cuka yang dikasih potongan timun! Enaknyaaa! ^_^ oh iya untuk resep kuah cukanya, di postingan selanjutnya yah! ^_^

Taraaa!






Selamat mencoba! Semoga sukses masak pempeknya!

Wassalam!
Reaksi:

Tagged:

1 komentar:

  1. Hiks, tega nihhh buat perut ane keroncongan kamu Susan T,T

    BalasHapus

mana saya akan tau jika anda sering ke blog saya, tetapi anda tidak meniggalkan komentar..?

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts