Sabtu, 25 Februari 2012

assalamualaikum..

hai all..!

hari kamis lalu , kami belajar kesenian sesuai dengan apa yang ada di daftar pelajaran. kami sedang belajar tentang musik. membahas musik tradisonal dan musik modern.

Gw baru tau kalo keroncong itu bukan asli indonesia, asalnya dari bangsa portugis. sejarahnya saat bangsa portugis yang di Indonesia sudah dikuasai belanda. pada saat istirahat kerja mereka, bangsa indonesia bersama bangsa portugis menghibur diri dengan bernyanyi, nah bangsa portugis sendiri menyanyikan lagu mereka dengan ukulele yang dimainkan  dengan cara digaruk sehingga menimbulkan bunyi crong crong..ken crong maka oleh orang indonesia dijadikan musik keroncong namanya. dan keroncong sendiri sudah termasuk musik modern, yaitu musik yang datang dari luar tapi telah dibudayakan oleh Indonesia.

seperti halnya keroncong, dangdut pun juga begitu, berasal dari India, tetapi berbeda dengan keroncong yang penikmatnya kalangan menengah ke atas seperti hal nya jazz, penikmat dangdut kalangan menengah kebawah. 

Oke menurut gw pribadi, dangdut jaman dulu tuh bagus, enak kalo di denger. Tapi ga tau kenapa dangdut sekarang kualitasnya sudah jauh menurun. Mungkin setelah orang lebih memilih menyanyi dangdut gadungan remix dan yang lainnya itu , padahal yang membuat dangdut asli itu enak didengar adalah cengkok nya yang susah itu. Kalo cengkok nya sendiri sudah ga ada , waah dangdut apaan tu? cuma modal gendang doang.
Kalo keroncong sendiri sih gw ga berani komen apa-apa, gw akuin nyanyi keroncong sendiri susah lho. Jempol!

Masuk ke musik tradisional, definisi nya sendiri menurut bu ida adalah musik yang ada pada daerah-daerah tertentu, memakai alat musik yang sederhana dan khas dan bersifat turun termurun tidak lupa juga dengan bahasa daerah itu sendiri.
Berhubung ini di daerah Jambi, jadi kami membahas tentang lagu daerah jambi . Contohnya: Rampi rampo, Krinok, yang sejujurnya gw ga pernah denger sama sekali waktu itu *salah satunya sekarang sudah*.

akhir cerita kami di suruh menyanyikan lagu ..
Horee..!
gw suka nyanyi..

:D

eits liat postingan berikutnya..

Wassalam..
Reaksi:

Tagged: , ,

4 komentar:

mana saya akan tau jika anda sering ke blog saya, tetapi anda tidak meniggalkan komentar..?

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts